Artikel

Tingkatkan Ketahanan pangan, Luhut Ingin Libatkan Ahli

Oleh 06 Apr 2021April 22nd, 2021Tidak ada komentar
Optimisme Perekonomian Indonesia
#LuhutPandjaitan #LBP
Tingkatkan Ketahanan pangan, Luhut Ingin Libatkan Ahli

Sumber : Dok Humas Keamenko Marves

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Kawasan Food Estate di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas pada hari Selasa (6/4/2021) bersama dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melihat progres pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah yang merupakan salah satu daerah percontohan kawasan Lumbung Pangan di Indonesia.

“Kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah berfokus di wilayah Eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) selain untuk mendukung ketahanan pangan nasional, juga yang utama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut melihat sinergi antara Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menjadi sangat penting. Ia juga meminta agar semua pihak mampu memaksimalkan keterlibatan perguruan tinggi atau universitas dalam pengembangan lumbung pangan di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya berharap Universitas Palangka Raya (UPR) ini membuat salah satu kampus merdeka. Jadi saya minta rektor berkoordinasi terkait hal itu,” tegas Menko Luhut.

Selain itu, Menko luhut mengharapkan keberadaan kampus merdeka mampu mendukung pengembangan kawasan food estate di Kalimantan Tengah lebih maksimal.

Dalam kunjungan tersebut juga hadir sejumlah ahli diantaranya ahli dalam bidang bioteknologi. Nantinya para ahli akan diminta untuk berkoordinasi dengan perguruan tinggi di wilayah setempat.

“Kita membuka diri untuk saling mengoreksi, saling memperbaiki, sehingga sinergi itu bisa menjadi pencapaian terbaik,” ujarnya.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel