Gagasan

Teknologi Nomor Satu Ramah Lingkungan

Dibaca: 4 Oleh 13 Des 2019Maret 2nd, 2020Tidak ada komentar
Teknologi Nomor Satu Ramah Lingkungan
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Ketika perubahan iklim menjadi fakta yang tak terelakkan lagi saat ini, dunia akhirnya bersepakat untuk berusaha menanggulanginya. Salah satu upaya yang sedang dilakukan adalah menggalakkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Trend inilah yang saya lihat setelah kunjungan saya di beberapa negara waktu lalu.

Dan kiranya semua perlu tahu bahwa Indonesia punya potensi dalam memproduksi energi terbarukan yang ramah lingkungan. Potensi “Hydropower” atau Pembangkit Listrik Tenaga Air kita sebesar 11,000 MW di Kalimantan dan 22,000 MW di Papua. Selain itu Indonesia juga menjadi “uncarbon superpower” karena memiliki 75-80% “carbon credit” dunia dalam bentuk mangrove, forestry, seaweed, dan coral reef.

Saya pikir inilah nilai tambah yang dipunyai Indonesia untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan. Dari sumber energi ramah lingkungan yang besar di Indonesia ini saya kira kita bisa memperbaiki neraca transaksi berjalan dengan cara mengolah energi yang ramah lingkungan dan lebih murah ini, sehingga ketergantungan pada impor BBM bisa berkurang.

Ini sesuai dengan komitmen yang saya yakini bahwa kita bisa mengurangi emisi 29 % hingga tahun 2030 sesuai dengan amanat Paris Agreement. Salah satu usaha yang kami lakukan adalah mendorong penggunaan mobil listrik dan mendorong penggunaan biodiesel. Sejauh ini kita telah mengimplementasikan B20. Pada 2020 nanti kita juga akan segera mulai implementasi B30.

Baca juga:  Luhut Optimis Ibu Kota Baru Akan Ramah Lingkungan

Saya berharap semua pihak bisa semakin memanfaatkan potensi-potensi energi ramah lingkungan ini termasuk pengembangan energi terbarukan bisa didorong lewat semakin murahnya teknologi baterai lithium yang menjadi sumber energi kendaraan listrik.

Saya selalu paparkan dan tegaskan pada para investor bahwa Indonesia adalah “superpower” dalam hal memproduksi energi terbarukan ramah lingkungan, termasuk kepada @grabid yang akan meluncurkan transportasi publik berbahan bakar listrik di Indonesia. Saya berharap setiap investor yang hendak berinvestasi di Indonesia bisa membawa keuntungan tak hanya bagi mereka namun yang paling utama membawa keuntungan bagi negeri tercinta kita ini.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel