Gagasan

Uluran Tangan Demi Pulihnya Indonesia

Dibaca: 3 Oleh 04 Jun 2020Tidak ada komentar
Solidaritas Kemanusiaan itu Bernama Bangga Buatan Indonesia
#LuhutPandjaitan #LBP

Tidak bisa dipungkiri bahwa badai Pandemi COVID-19 ini memaksa seluruh lini kehidupan kita untuk berubah. Tidak terkecuali aktivitas perekonomian kita yang harus beralih memanfaatkan teknologi digital karena adanya protokol kesehatan untuk menjaga jarak. Saya bersyukur karena kondisi perekonomian kita masih cukup baik di tengah badai pandemi yang melemahkan perekonomian lebih dari dua ratus negara di dunia. Kabar baik ini tentu tidak bisa terlepas dari peran UMKM kita yang sudah menggerakkan perekonomian meski badai pandemi ini belum kunjung mau beranjak dari bumi pertiwi. Seperti kemarin saat saya merasa berkesempatan untuk berbincang dengan para “pilar ekonomi Indonesia” yang tangguh dan hebat tersebut, dalam acara peluncuran Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia.

Perlu semuanya ketahui bahwa Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia ini saya gagas bersama teman-teman lintas kementerian dan Lembaga terkait untuk mendorong penjualan produk ekonomi kreatif dan UMKM dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu bergabung dalam platform penjualan online berbasis e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek dan Grab. Saya berfikir dengan bergabungnya UMKM ke platform digital e-commerce akan semakin memperkuat daya saing produk-produk Indonesia terhadap negara-negara lain sehingga produk Indonesia namanya akan semakin berkibar dan diperhitungkan di mata dunia. Pembentukan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia ini mendapat sambutan yang sangat baik dari Presiden Joko Widodo saat itu. Saya berfikir bahwa dukungan penuh Presiden terhadap Gerakan Nasional ini mungkin dilatarbelakangi pengalaman beliau saat menjadi pengusaha kecil di masa lalu. Bahkan Presiden menyampaikan langsung dukungannya kepada para pelaku UMKM dengan meresmikan Gerakan Nasional ini bersama kita, para pembantunya.

Baca juga:  Menyambung Konektivitas Daerah

Saya melihat ada harapan besar yang tercipta untuk menggerakkan kembali perekonomian Indonesia di tengah pandemi ini, setelah saya berbincang dengan salah satu pengusaha UMKM, Ibu Ulfa Nurfebrianti yang mempunyai usaha camilan kerupuk kulit di daerah Bandung, Jawa Barat. Ibu Ulfa menuturkan kepada saya bahwa omzet dan penjualan kerupuk kulitnya bisa naik dua kali lipat bahkan pada saat PSBB diberlakukan di beberapa wilayah di Jawa Barat. Mendengar cerita usaha Ibu Ulfa, saya merasa lega karena di tengah pandemi ada angin segar untuk UMKM kita. Dan saya semakin senang ketika selama pandemi COVID-19 ini, Ibu Ulfa memanfaatkan maksimal potensi platform digital e-commerce untuk penjualan dan pengiriman yang dilakukan via ojek daring. Saya ingin para pengusaha UMKM lainnya bisa mengikuti jejak seperti Ibu Ulfa yang berhasil memanfaatkan platform digital e-commerce untuk mendukung kemudahan dan keberlangsungan usahanya. Untuk itulah sebagai bagian dari Pemerintahan Presiden Joko Widodo, saya berharap semua UMKM di Indonesia bisa bergabung bersama-sama untuk memajukan kualitas produk Indonesia sehingga terciptalah “brand” yang bagus, pengusaha yang dikenal luas oleh dunia. Saya sebagai ketua Tingkat Komponen Dalam Negeri mendukung penuh UMKM untuk bisa tetap tangguh menghadapi pandemi wabah dengan dorongan memanfaatkan e-commerce dan kemudahan akses permodalan, mengingat Pemerintah telah memberikan pelatihan serta insentif sebesar Rp 34,1 Triliun kepada pelaku UMKM di tengah pandemi ini.

Baca juga:  Dibalik Sejarah Besar bagi Indonesia dan Negara Timur Tengah

Saya teringat pepatah dari Inggris “chances never come twice”, bahwa kesempatan tidak datang dua kali, dan ketika kesempatan itu datang, alangkah lebih baik jika kita menyambutnya dengan tangan yang terbuka lebar. Pun di saat-saat sulit seperti ini, nyatanya ada kesempatan baik yang muncul untuk menggeliatkan kembali perekonomian Indonesia harus kita manfaatkan sebaik mungkin dengan pemanfaatan teknologi secara menyeluruh bagi pengembangan UMKM Indonesia. Tak lupa saya menghimbau pelaku UMKM dan pelaku usaha industri digital serta para konsumen tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, sarung tangan dan rajin mencuci tangan setiap kali beraktivitas. Di akhir kalimat, Saya berharap Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia mampu mendorong penambahan jutaan pelaku UMKM yang akan terhubung dengan wadah digital sehingga nantinya akan bertambah lagi lebih banyak pelaku UMKM yang terkoneksi dengan wadah digital, sehingga momentum baik untuk memperkuat kebanggan dan nilai jual produk-produk dalam negeri dapat terwujud, sehingga perekonomian Indonesia tetap bisa bergerak dan tangguh meski diterpa badai pandemi wabah.

Baca juga:  Kepentingan Rakyat Di Atas Segalanya

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel