Gagasan

Sinergi Lintas Lembaga Mempercantik Indonesia Lewat #BeliKreatifDanauToba

Sinergi Lintas Lembaga Mempercantik Indonesia Lewat #BeliKreatifDanauToba
#LuhutPandjaitan #LBP

Selain keindahan alam yang pastinya menjadi tujuan utama para wisatawan berkunjung ke destinasi wisata, identitas budaya lokal setempat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Maka dari itulah hari ini saya bangga melihat upaya Kemenparekraf menyelenggarakan roadshow #BeliKreatifDanauToba. Bertempat di Summarecon Mall Serpong Tangerang, berbagai produk-produk ekonomi kreatif khas Sumatera Utara dari mulai fashion, kriya, hingga kuliner ditampilkan selama 10 hari ke depan dari 11 sampai 21 Februari 2021.

Ada satu hal yang cukup menarik perhatian saya yaitu ternyata jumlah wisatawan yang datang ke Danau Toba tahun lalu naik 22% daripada sebelum pandemi Covid-19. Mengetahui fakta ini, saya kemudian meminta seluruh K/L terkait bersinergi mempercantik lima destinasi wisata super prioritas Indonesia sehingga para wisatawan tak hanya menikmati keindahal alamnya, tetapi juga mendapatkan pengalaman dan inspirasi akan budaya lokal Indonesia yang kaya dan beragam.

Ajang ini diselenggarakan sekaligus sebagai upaya pemerintah dalam mempromosikan lima destinasi wisata super prioritas dengan melibatkan seluruh kabupaten yang berada di kawasan wisata super prioritas Danau Toba. Ke depannya saya ingin “roadshow” pameran ini diselenggarakan secara bergiliran di kelima destinasi wisata super prioritas selain Danau Toba, yaitu Borobudur, Labuan Bajo, Bali, Likupang, dan Mandalika juga saya kira perlu diperkenalkan kekayaan budayanya selain keindahan alamnya yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Melihat antusiasme pengunjung yang cukup banyak datang ke ajang “roadshow” ini, saya optimis dengan merangkul UMKM yang menjadi tulang punggung PDB Indonesia, pariwisata di Indonesia bisa hidup kembali pasca pandemi sehingga bisa mengembalikan banyak lapangan kerja yang selama pandemi sempat terpuruk, sehingga roda perekonomian Indonesia bisa bergerak kembali.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel