Gagasan

Semangat Melawan Corona

Dibaca: 11 Oleh 17 Mar 2020Maret 20th, 2020Tidak ada komentar
Semangat Melawan Corona
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Mewabahnya virus corona di berbagai penjuru dunia memang sontak mengubah proses kehidupan kita, tak terkecuali pun saya sebagai pejabat negara. Banyak hal-hal baru yang harus dilakukan setelah BNPB menetapkan wabah virus corona di Indonesia sebagai kondisi darurat, seperti saya yang hari Senin lalu untuk pertama kalinya melakukan hal baru yaitu melakukan “virtual meeting” lewat “video conference” dengan berbagai jajaran kementerian dan lembaga serta perusahaan terkait bidang yang saya pimpin.

Hal ini sesuai dengan imbauan dan arahan dari Presiden Joko Widodo untuk menerapkan “social distancing” yaitu menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang, demi meminimalisir penyebaran wabah virus corona di Indonesia.

Wabah virus corona memang sudah ditetapkan oleh WHO sebagai Pandemi, artinya siapapun dan apapun status sosial kita, berpeluang untuk terinfeksi virus ini. Covid-19 juga memukul kondisi perekonomian banyak negara seperti yang terjadi di Amerika Serikat dimana The Fed menurunkan suku bunga hingga 25 basis poin sehingga secara simultan banyak sektor dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia pun juga terdampak, seperti sektor investasi yang mana adalah bidang yang saya komandoi.

Baca juga:  Luhut Pastikan Tol Laut Banyak Manfaatnya

Beberapa komitmen investasi dengan negara-negara yang kita jalin kerjasamanya seperti China, Uni Emirat Arab, Australia dan Amerika Serikat masih berjalan hingga saat ini, hanya saja pelaksanaan proyeknya agak mundur. Pun halnya demikian dengan target pembangunan smelter masih tetap berjalan, hanya waktu pelaksanaannya mengalami kemunduran.

Saya pun per hari Sabtu lalu, setelah Mensesneg Pratikno mengumumkan kondisi kesehatan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sebagai koordinator dari Kementerian Perhubungan, saya diberikan amanat dari Presiden untuk menjadi Menhub “Ad Interim” dan mengambil alih sementara tugas-tugas beliau.

Lewat teleconference kemarin pun saya berkoordinasi dengan para Dirjen di Kementerian Perhubungan serta pejabat tekait yang mana saya menghimbau kepada mereka untuk menjaga kebersihan di lingkungan kantor, pengecekan desinfektan, dan yang paling penting, Saya juga menghimbau kepada kementerian BUMN terkait transportasi untuk tidak ada pengurangan jumlah rute perjalanan transportasi umum, lebih baik ditambah mengingat perjalanan moda transportasi ini melibatkan banyak orang dan bisa berpotensi meningkatnya jumlah penyebaran virus apabila dikurangi mobilitasnya.

Baca juga:  Indonesia sebagai "Surga-nya Investasi"

Di lain sisi saya melihat ada satu hal yang menurut saya patut kita apresiasi yakni kecermatan pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam melakukan proses pengambilan keputusan. Presiden mendengar semua pandangan-pandangan dan kemudian beliau memutuskan dengan tegas dan cermat.

Saya pikir memang seperti itulah cara pengambilan keputusan dalam proses bernegara, kita harus melihat dari semua sisi, tidak bisa hanya satu sisi saja. Atas dasar segala pertimbangan itulah, pemerintah Indonesia tidak akan melakukan “lockdown” karena permasalahan di Indonesia berbeda dengan permasalahan negara lain yang terjangkit virus Corona.

Sebagai antisipasi, pemerintah akan mengkaji kebijakan 14 hari karantina bagi orang-orang yang akan masuk ke Indonesia guna mengantisipasi penyebaran virus corona dari negara-negara yang terjangkit virus tersebut. Kebijakan ini memang terbukti mampu menurunkan tingkat penyebaran virus di sejumlah negara seperti Singapura dan Korea Selatan.

Dengan pembatasan aktivitas sehari-hari ini, sebagai pejabat negara, anggaran perjalanan dinas saya yang jumlahnya cukup besar ini akan saya berikan kepada pelaku UMKM dan pelaku di bawahnya. Sehingga roda perekonomian rakyat kecil tetap terjaga dan kebutuhan mereka sehari-hari bisa terpenuhi.

Baca juga:  Kebijakan Untuk Generasi Masa Depan Indonesia

Saya berharap rakyat Indonesia tidak perlu panik berlebihan, terlebih harus saling menjaga satu sama lain dengan menjauhi keramaian dan tidak keluar rumah bila ada tanda-tanda sakit. Saya menghimbau kepada semuanya agar menahan diri untuk tidak bepergian atau traveling selama kurun waktu beberapa hari ke depan. Dengan langkah sederhana ini, saya harap kita bisa bersatu dan saling bekerja sama melawan wabah virus corona agar semakin banyak pasien yang disembuhkan, dan semakin banyak jiwa yang mampu diselamatkan.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel