Gagasan

Percepatan Besar Pembangunan Infrastruktur Lewat “Belt and Road Initiative”

Oleh 15 Des 2020Maret 8th, 2021Tidak ada komentar
Percepatan Besar Pembangunan Infrastruktur Lewat “Belt and Road Initiative”
#LuhutPandjaitan #LBP

Pada pidato Presiden juli tahun lalu yang membahas soal Visi Indonesia, ada satu hal yang selalu saya ingat dalam-dalam di pidato itu yakni Presiden meminta kami semua para pembantunya untuk terus melanjutkan proyek pembangunan infrastruktur sebagai bagian dalam rencana lompatan besar untuk merancang strategi pembangunan nasional. Kereta Cepat Jakarta Bandung inilah yang nantinya saya impikan sebagai lompatan besar yang diidamkan oleh Bapak Presiden. Saya mendapat tugas untuk segera mengejar penyelesaian proyek ini. Walaupun saya tidak terlibat dari awal namun saya bangga melihat kerja tim yang semakin solid sehingga kemajuan di lapangan semakin pesat adanya. Proyek ini merupakan proyek kereta cepat pertama di Asia Tenggara berkat kerjasama strategis yang sangat penting melalui program Belt and Road Initiative antara kedua negara yakni Indonesia dan China.

Hari ini saya senang sekaligus dibuat terkagum, atas tembusnya tunnel utama yang diresmikan pada hari ini, tunnel ini merupakan salah satu tunnel dari 13 tunnel yg rencananya akan dibangun dan memiliki total Panjang 16,9 KM dari 142,3 KM jalur kereta cepat Jakarta Bandung. Proyek Kereta Cepat ini sudah mencapai angka 64,4 % dari penyelesaian keseluruhan, ribuan batang pile sudah berhasil didirikan dan siap disambungkan hingga belasan ribu rel yang siap dipasang. Kereta Cepat ini nantinya akan menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Bandung yang hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 45 menit. Kereta ini juga nantinya akan dipadukan dengan sistem transit oriented development dimana nantinya metode ini akan mengembangkan kawasan urban dengan memaksimalkan jumlah ruang hunian, kawasan bisnis dan tempat hiburan dengan jarak yang dekat dari akses transportasi umum. Hal ini bertujuan untuk mengurangi angka penggunanaan kendaraan pribadi dan menekan angka kemacetan.

Saya bukan hanya berharap bahwa proyek ini selesai begitu saja, namun lebih daripada itu, proyek ini akan menjadi proses transfer teknologi bagi para anak bangsa untuk bisa mengembangkan era transportasi modern bagi negara ini. Di akhir saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah kedua negara serta seluruh pihak yang terus mencari solusi dari segala tantangan dan resiko yang timbul dari tiap langkah yang ditempuh dalam proyek ini . Saya juga berpesan kepada seluruh pihak untuk lebih dulu mempersiapkan perencanaan yang detail dan matang yang wajib dilaksanakan pada proses awal proyek untuk menjamin kesuksesan dalam pelaksanaanya.
Marilah kita bersama-sama mengawal dan terus memberikan dukungan terbaik bagi penyelesaian Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini agar sempurna dan sesuai target serta dapat menjadi kebanggan bagi bangsa Indonesia.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel