Artikel

Pemerintah Tambah Anggaran Bansos Rp39,19 Triliun

Oleh 17 Jul 2021Juli 19th, 2021Tidak ada komentar
Optimisme Perekonomian Indonesia
#LuhutPandjaitan #LBP

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan selaku koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali menyatakan pemerintah akan menambah anggaran bantuan sosial atau bansos senilai Rp39,19 triliun. Anggaran tersebut diberikan guna meringankan beban masyarakat yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. 

“Bapak Presiden telah memerintahkan kepada kami para menterinya untuk memberikan bantuan yang bisa diberikan untuk meringankan beban akibat PPKM,” kata Menko Luhut dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, 17 Juli 2021. 

Menko Luhut juga menyebutkan bahwa Presiden telah memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk segera menyalurkan bansos tambahan tersebut. 

Bantuan sosial itu meliputi beras 10 kilogram untuk 18,9 juta keluarga penerima manfaat (KPM).  Kemudian, ada juga bantuan sosial tunai kepada 10 juta KPM.

“Selanjutnya pemberian tambahan ekstra selama dua bulan untuk 18,8 juta KPM sembako,” ujar Menko Luhut. 

Lalu bantuan sosial tambahan untuk 5,9 juta KPM usulan daerah, tambahan anggaran Rp 10 triliun untuk program Kartu Pra Kerja dan  perpanjangan subsidi listrik rumah tangga 450–900 VA hingga Desember 2021.

“Selanjutnya perpanjangan subsidi kuota internet bagi mahasiswa guru dosen selama 6 bulan, dan juga subsidi abonemen listrik diperpanjang sampai Desember 2021,”ujar Menko Luhut.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel