Gagasan

Pemerataan Ekonomi lewat Pemanfaatan Laut

Dibaca: 8 Oleh 06 Mar 2020Tidak ada komentar
Pemerataan Ekonomi lewat Pemanfaatan Laut
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Sebagai salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, transportasi laut adalah hal yang tak terelakkan harus dikelola dengan baik oleh Indonesia demi mewujudkan cita-cita negeri ini menjadi Poros Maritim Dunia yang kuat, maju dan mandiri.

Karenanya, dalam rangka mewujudkan cita-cita tersebut, saya mendapat amanah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk ikut serta melaksanakan pembangunan ekonomi yang berkeadilan. Kami ingin rakyat di berbagai penjuru Indonesia, termasuk di wilayah kepulauan, perbatasan atau di wilayah terpencil bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan, pendidikan, sanitasi dan air bersih yang sama dengan saudara kita yang ada di kota-kota besar. Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah Program Tol Laut. 

Dalam kesempatan Rapat Terbatas yang saya hadiri hari Kamis lalu bersama Presiden dan jajaran Kementerian terkait, kami semua mengakui bahwa selama lima tahun lebih perjalanan pemerintahan Presiden Joko Widodo, program tol laut memang dirasakan sangat banyak manfaatnya. Lewat rapat terbatas ini, kami melakukan evaluasi program Tol Laut agar bisa ditemukan formulasi yang tepat untuk akselerasi manfaat Tol Laut terutama bagi saudara-saudara kita yang ada di Indonesia Timur. 

Guna mengakselerasi manfaat program Tol Laut, saya sampaikan bahwa trayek tol laut akan ditambah menjadi 26 jalur. Dalam kesempatan itu juga Presiden menyetujui pemberian “tax allowance” bagi investor dan “tax holiday” yang lebih panjang khusus bagi para pengusaha yang ada di kawasan Indonesia Timur, sehingga nantinya tidak terlalu banyak logistik yang diangkut dari jawa menuju ke Timur karena biaya transportasi yang cukup tinggi.

Kami juga akan memberikan insentif berupa subsidi di tahun ini kira-kira angkanya Rp 400 miliar. Perlu diketahui juga bahwa subsidi ini tidak hanya dari pelabuhan ke pelabuhan saja, tetapi sampai pada penerima. Terkait agen distribusi logistik ke depannya tidak hanya mengandalkan satu perusahaan saja, tetapi ada dua atau tiga perusahaan sehingga tidak ada monopoli dari satu perusahaan.

Saya berharap akselerasi program Tol Laut ini mampu menggerakkan transportasi laut sehingga warga masyarakat di seluruh pelosok Indonesia bisa mendapatkan barang kebutuhan pokoknya dengan harga murah, tidak jauh beda dengan harga-harga di kota-kota besar sehingga hal ini bisa membawa pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia agar terwujudlah pembangunan ekonomi yang berkeadilan sesuai prinsip dasar Indonesia Maju.

Baca juga:  Menyongsong Ibu Kota Baru

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel