Gagasan

Pembawa Pesan Kemajuan Indonesia Kepada Dunia

Dibaca: 2 Oleh 13 Jul 2020Tidak ada komentar
Pembawa Pesan Kemajuan Indonesia Untuk Dunia
#LuhutPandjaitan #LBP

Saya selalu punya momen spesial dan cukup emosional dengan gedung ini, saat sekitar dua puluh tahun lalu saya mendapat perintah dari Presiden Habibie untuk bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Singapura. Sebuah perintah yang saya pikir sedikit aneh karena pada saat itu saya hanya tahu soal tembak-menembak dan strategi di daerah operasi. Saya tidak punya pengetahuan apalagi background mengenai diplomasi. Namun sebagai prajurit yang mendapatkan perintah dari Panglima tertinggi, tugas harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Rasa tanggung jawab ini pula yang hari ini saya titipkan kepada 32 teman-teman calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh saat memberikan pembekalan di Pekan Orientasi yang sedang mereka jalani. Tantangan dunia akan selalu berubah. Kita semua harus sadar dengan tanggung jawab yang diberikan, selalu berjuang sepenuh hati serta berani mengambil risiko demi hal yang kita yakini adalah yang terbaik untuk bangsa dan negara. Tentu apa yang saya hadapi 20 tahun lalu dengan apa yang terjadi hari ini dan 20 tahun ke depan pasti tidak akan sama. Tapi ada satu nilai yang saya pelajari dan sangat penting untuk selalu dipegang setiap orang yang mengemban tugasnya; integritas.

Baca juga:  Melanjutkan Kerja Kembali

Dalam tugas apapun, peganglah teguh nilai integritas ini. Terlebih sebagai orang yang menjadi pembawa pesan tentang kemajuan Indonesia di negara lain , tunjukkanlah bahwa negara ini adalah negara besar yang juga memiliki integritas. Pelajarilah program-program strategis nasional seperti Hilirisasi Minerba dan juga sektor Pariwisata yang saat ini semakin baik ditangani oleh pemerintah. Sampaikanlah bahwa Indonesia hari ini adalah bangsa optimis yang siap menjadi pemimpin yang mengayomi dunia. Program strategis yang sedang dikerjakan hari ini akan menjadi tonggak yang membawa Indonesia ke dalam Global Supply Chain, dan anda harus menjadi bagian dari hal tersebut. Anda harus bisa menjadi agent of change, yang menyampaikan kabar-kabar baik mengenai Indonesia kepada dunia.

Terakhir, saya pesan, jaga nama baik Indonesia. Sebagai orang yang mengemban tugas negara, ingatlah bahwa apapun yang kita lakukan akan berdampak kepada bangsa besar ini. Selamat bertugas. Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel