Gagasan

Mewujudkan Peradaban Baru yang Berkelanjutan

Dibaca: 7 Oleh 22 Jan 2020Maret 2nd, 2020Tidak ada komentar
Mewujudkan Peradaban Baru yang Berkelanjutan
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Sering saya bertanya dan merenungi satu hal sejak dahulu sampai di usia saya saat ini mengapa Tuhan menciptakan kita, umat manusia berbeda-beda? Sampai akhirnya di negeri Swiss tepatnya di kota bernama Davos, jawaban itu saya dapatkan. Tuhan mau kita berbeda agar kita saling bekerja sama untuk bersatu.

Hal inilah yang kemudian saya sampaikan ketika saya bertemu dengan para pemimpin dunia, para pemikir, dan penggerak yang berkumpul dalam event tahunan “World Economic Forum.” Saya nyatakan kepada mereka bahwa Indonesia adalah mitra kerja sama yang terbaik di dunia, karena kita adalah negara yang terbuka serta menjunjung tinggi persatuan dalam perbedaan sebagai prinsip bernegara.

Saya juga mengundang mereka untuk datang dan menikmati keindahan serta keanekaragaman kekayaan alam Indonesia. Hal itu kemudian menarik perhatian Direktur Minderoo Foundation Australia, Andrew Forest, yang mengungkapkan pada saya keinginannya untuk berinvestasi di Indonesia. Kemudian, Saya berpikir ternyata yang membuat para investor dari berbagai negara seperti UEA, Tiongkok, Jepang, Amerika, Eropa ingin ke Indonesia, adalah komitmen pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo yang saat ini menerapkan investasi hijau. Investasi yang tetap mengupayakan kelestarian lingkungan.

Baca juga:  Uni Arab Emirat, Timur Jauh yang Begitu Dekat

Kiranya perlu kita ketahui bahwa Indonesia adalah Keajaiban Modal Alam Dunia karena kekayaan alam berupa panas bumi, gelombang lautan, limbah dan sumber terbarukan lainnya menawarkan potensi besar untuk mengurangi sumber energi tradisional dalam Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon yang selaras dengan anggaran nasional dan regional. Kami berinisiatif untuk mencari kemitraan dengan sektor swasta demi mewujudkan transisi menuju pertumbuhan inklusif yang berkelanjutan secara sosial dan lingkungan.

Saya mengingat perkataan Mahatma Gandhi, “Kemampuan kita untuk mencapai persatuan dalam keberagaman akan menjadi keindahan dan ujian bagi peradaban kita.” Memang, jika kita menginginkan keindahan maka kita harus tempuh ujian tersebut. Untuk itu, saya tegaskan kepada mereka bahwa peradaban baru yang lebih berkelanjutan haruslah diwujudkan.

Kita juga perlu bermitra dan bekerja sama dengan elemen-elemen besar yakni bisnis, intelektual, dan pemerintah. Semua itu harus saling bermitra dalam aksi nyata mewujudkan dunia yang lebih baik, aksi untuk ekonomi yang lebih baik, aksi untuk modal manusia yang lebih baik, aksi untuk iklim yang lebih baik, aksi untuk peradaban yang lebih baik, aksi untuk karbon rendah yang lebih baik dan masa depan yang berkelanjutan. Dan semoga di kemudian hari, cita-cita indah kita itu mampu kita wujudkan agar anak cucu kita bisa menikmatinya bersama-sama.

Baca juga:  Teknologi Kelas Satu untuk Indonesia Maju

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel