Gagasan

Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara

Dibaca: 6 Oleh 26 Feb 2020Maret 4th, 2020Tidak ada komentar
Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia menurut saya bukan hanya tentang memindahkan sebuah kota, tetapi lebih dari itu mengubah tatanan sosial masyarakat Indonesia yang sudah baik menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Seperti yang saya sampaikan di kesempatan Dialog Nasional “Merajut Konektivitas Ibu Kota Negara” hari ini.

Terlepas dari kejadian banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta beberapa waktu belakangan, sebenarnya banyak faktor yang melatarbelakangi rencana pemindahan ibu kota negara, diantaranya adalah kepadatan penduduk, polusi udara yang tinggi, kemacetan lalu lintas, penurunan permukaan tanah yang ekstrim di DKI Jakarta.

Saya sangat optimis bahwa Ibu Kota Negara baru yang akan menempati lahan seluas 410,000 hektare ini, rencananya akan mengusung visi sebagai kota pintar hijau dengan teknologi tinggi sesuai arahan dan visi Presiden Joko Widodo. Karena Ibu kota baru nanti akan menjadi ibu kota pertama di dunia yang hanya membolehkan kendaraan elektrik di dalam kota, jadi kendaraan non-elektrik akan diminta parkir sebelum memasuki kota.

Saat saya berkunjung ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu untuk bertemu para pejabat tinggi negeri itu, saya juga ceritakan visi Ibu Kota baru yang ramah lingkungan ini kepada penasihat senior Presiden Amerika Serikat Jared Kushner dan Ivanka Trump. Saya lihat mereka sangat terkesan dengan konsep ibu kota baru ini, dan rencananya konsep Ibu Kota baru Indonesia juga akan menjadi topik pembicaraan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Joko Widodo di Maret mendatang.

Baca juga:  Indonesia Mandiri dan Tidak Bergantung pada Negara Asing

Konsep Ibu Kota baru Indonesia ini saya kira tidak hanya mengundang decak kagum dunia internasional, tetapi juga menarik minat banyak investor untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunannya. Berdasarkan “list” yang baru saya terima beberapa waktu lalu, ada sekitar 30 perusahaan besar dari dalam dan luar negeri yang mau berpartisipasi di berbagai bidang usaha, mulai dari listrik hingga kendaraan.

Saya tegaskan kepada para calon investor tersebut bahwa mereka harus memberikan kontribusi terhadap konsep “green city” yang diusung oleh pemerintah Indonesia.Saya berharap rencana pemindahan ibu kota negara mampu menjadi jalan pembuka bagi pemerataan ekonomi dan pembangunan hingga pelosok Indonesia sehingga kita bisa meninggalkan “legacy” terbaik bagi generasi anak-cucu kita di masa mendatang.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel