Gagasan

Menyongsong Ibu Kota Baru

Dibaca: 12 Oleh 29 Feb 2020Maret 4th, 2020Tidak ada komentar
Menyongsong Ibu Kota Baru
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Sebuah Ibu Kota menurut saya bukan hanya sekedar kota khusus di sebuah negara, lebih dari itu Ibu Kota adalah sebuah etalase dimana orang-orang dari negara luar melihat bagaimana pemerintahan kita dijalankan dan bagaimana cara hidup masyarakatnya. Karena itulah, hari Jumat lalu saya merasa sangat bangga karena saya mendapat amanah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk mengawal langsung proses pembangunan etalase Indonesia baru yang rencananya akan terletak di Provinsi Kalimantan Timur ini.

Kalau boleh saya jelaskan secara singkat, Ibu Kota Negara ini dibangun untuk mengatasi beberapa masalah yang ada di Jakarta seperti kepadatan penduduk, polusi udara yang tinggi, kemacetan lalu lintas dan penurunan permukaan tanah yang cukup signifikan di Jakarta. Sesuai arahan Presiden , Ibu kota ini memiliki visi sebagai kota pintar hijau dengan teknologi yang tinggi. Rencananya kota ini akan dibagi kedalam beberapa klaster utama diantaranya Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Finansial , Riset dan Pengembangan serta Entertainment. Yang mana nantinya untuk klaster Pemerintah akan dibangun dan dikelola oleh Pemerintah.

Baca juga:  Lelaki yang Paling Beruntung Di Dunia

Di hari itu pula, saya juga bertemu dengan dua orang hebat yang akan menjadi Dewan Penasihat pembentukan Ibu Kota Negara baru Indonesia. Mereka adalah Masayoshi Son, CEO dari Softbank Group Corp. dan satu nama lagi yang tidak asing bagi kita semua yaitu Tony Blair, Mantan Perdana Menteri Inggris. Saya pikir penunjukan kedua orang hebat ini adalah untuk membangun kepercayaan dunia internasional karena pembentukan Ibu Kota Negara baru ini juga melibatkan saran dan dan mendapatkan promosi nantinya dari para pemimpin dunia. Namun, diatas mereka semua tetap ada Penanggung Jawab pembangunan Ibu Kota baru yakni Presiden Joko Widodo.

Sebagai pembantu Presiden, saya mendapat tugas khusus untuk mengawal beberapa hal teknis pembangunan serta finalisasi komitmen investasi dari beberapa investor, yang salah satunya adalah Mr. Masayoshi Son. Perlu diketahui bersama, Pak Masa, begitulah saya biasa memanggil beliau, lewat Softbank Group Corp nya akan berinvestasi di Ibu Kota Negara baru ini, sehingga nilai komitmen investasi dari Softbank akan mampu menutupi kebutuhan anggaran pembangunan Ibu Kota Negara baru. Tentunya skema investasinya masih dalam bentuk Sovereign Wealth Fund, dengan demikian pemerintah Indonesia masih terbuka dengan investor lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga:  Indonesia Negara yang Hebat dan Kuat

Untuk itu, saya akan lebih intensif melakukan pertemuan dengan para profesional kelas dunia seperti Pak Masa dan Mr. Blair, serta beberapa tokoh dunia dan calon investor ibu kota negara baru lainnya. Saya sempat bertanya kepada Pak Masa dan Mr. Blair mengapa mereka setuju untuk di daulat sebagai Dewan Penasihat Ibu Kota Negara baru? Mereka sampaikan bahwa selain konsep Ibu Kota Baru yang dianggap sebagai visi luar biasa serta inspirasi bagi dunia, mereka melihat Indonesia sudah berada di jalur yang tepat dengan memilih teknologi kelas satu yang ramah lingkungan, yang dibuktikan lewat program hilirisasi nikel untuk memproduksi sumber energi kendaraan listrik.

Semoga pembangunan Ibu Kota Negara baru ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa dituntaskan tepat pada waktunya. Sehingga Ibu Kota Negara baru Indonesia nantinya akan menjadi Ibu Kota terbaik yang berada dalam satu kawasan, dengan begitu rakyat Indonesia bisa menikmati hasil pembangunan dari simbol kemajuan peradaban bangsa Indonesia.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel