Gagasan

Bumi Serambi Mekah Bangga Menyemai Kekayaan Alam nya Untuk Kemajuan Indonesia

Oleh 08 Sep 2021September 29th, 2021Tidak ada komentar
Menyemai Kekayaan Alam Bumi Serambi Mekah Untuk Kemajuan Indonesia
#LuhutPandjaitan #LBP

Menjadi bangsa yang mandiri dan berdaulat adalah cita-cita luhur bangsa ini sejak lama. Bentangan wilayah sejauh puluhan ribuan kilometer dari Sabang hingga Merauke yang terisi dengan berbagai bentuk keanekaragaman hayati dan kekayaan alam adalah bentuk syukur sekaligus pengingat bagi bangsa ini untuk terus berkembang dan bersiap diri terlebih ditengah terpaan pandemi covid-19.

Sesuai keinginan dan arahan Presiden Joko Widodo Pada 14 Mei lalu guna mengkampanyekan gerakan cinta negeri untuk pemulihan ekonomi dan kesejahteraan ibu pertiwi yakni Gerakan Bangga Buatan Indonesia, hari ini saya mengunjungi Bumi Serambi Mekah yang punya potensi luar biasa. Tidak hanya pariwisata, namun juga ekonomi kreatifnya untuk melakukan launching Gerakan #BanggaBuatanIndonesia setelah sebleumnya proses launching di beberapa daerah lain kami lakukan lewat sambungan virtual.

Selain Kopi Gayo yang punya potensi ekonomi kreatif luar biasa karena hanya tumbuh di Aceh dan telah diakui oleh dunia, Saya juga melihat beberapa produk yang dipajang di event launching “Ragam Aceh Pasar Laut Indonesia” hari ini, ada kerupuk kulit ikan hasil olahan, abon, sambal, kopi, kain tradisional dan berbagai kerajinan lainnya. Memiliki garis pantai sepanjang 1.660 kilometer dan 295 ribu kilometer persegi luar perairan lautnya, potensi perikanan di sektor penangkapan, budidaya, dan pengolahan menjadi begitu besar. Kiranya dengan potensi tersebut, UMKM produk ikan dan kopi di Provinsi Aceh dapat terus ditingkatkan.

Dengan potensi sebesar itu, saya sampaikan pada Gubernur dan seluruh pemangku kepentingan di Aceh untuk menggunakan momentum Gernas BBI untuk membantu dan mendukung UMKM. Mereka harus menjadi “brand ambassador” bagi UMKM lokal asli Aceh dengan ikut berbelanja dan mempromosikan produk lokal.

Selain berbelanja dan mempromosikan produk UMKM, para pelaku industri ini tentunya butuh peningkatan kapasitas lewat pelatihan dan kerjasama dengan “e-commerce” sesuai tujuan dari Gernas BBI yaitu terjadinya perluasan pasar dan peningkatan transaksi penjualan. Karena saya melihat data hingga Juli 2021, kurang lebih 15,2 juta unit UMKM Indonesia telah onboard ke ekosistem digital. Khusus di tahun 2021 telah terjadi peningkatan sebesar 3,4 juta unit dalam waktu tujuh bulan terakhir. Untuk itu, kami berharap seluruh Kabupaten/Kota di Aceh, begitu juga daerah lain di Indonesia dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian target onboarding UMKM di tahun ini.

Saya berharap jika kondisi pandemi covid terus melandai, dapat diagendakan untuk bersama-sama turun ke daerah, mendukung UMKM lewat gernas BBI setiap bulannya seperti yang kita lakukan di Aceh hari ini bersama K/L terkait. Saya ingin pemerintah terus hadir dan ada untuk mendukung para artisan di seluruh penjuru Indonesia agar terus berkembang sehingga produk-produk UMKM lokal di seluruh Indonesia yang memang sudah punya kualitas tersendiri bisa terus maju dan bersaing di pasar dunia.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel