Foto

Menyelami Keanekaragaman Hayati Laut Nusantara

Oleh 29 Des 2020Maret 8th, 2021Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#LuhutPandjaitan #LBP

Sebagai bangsa Maritim, saya kira Indonesia diberi anugerah oleh Tuhan YME dengan menjadi pusat keanekaragaman hayati laut dunia, yaitu kita menjadi jantung segitiga terumbu karang atau “Coral Triangle Region” dengan lebih dari 569 jenis karang, dan jadi bagian yang paling luas dari sebuah wilayah yang berisi sekitar 76% spesies karang dunia dan 37% spesies ikan terumbu karang dunia. Dengan menjadi negara kepulauan terbesar dengan garis pantai terpanjang di dunia, kita harus bisa memanfaatkan sumber daya maritim secara benar dan berkelanjutan. Melihat kenyataan ini, saya berpikir untuk merealisasikan komitmen mewujudkan ekosistem laut yang lebih sehat dan indah dengan melibatkan seluruh K/L terkait.

Dari data yang saya peroleh dari sumber UNDP, sekitar 54% pasokan protein hewani Indonesia berasal dari ikan dan makanan laut. Dan Indonesia memasok sekitar 10% komoditas kelautan global. 2,8 juta rumah tangga di Indonesia terlibat langsung dalam industri komoditas kelautan. Sungguh besar kekayaan laut kita sesungguhnya. Tak hanya itu, keanekaragaman hayati laut Indonesia juga mengundang kekaguman para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, terutama para wisatawan yang punya hobi menyelam. Para “diver” ini datang dari seluruh dunia berkunjung ke Indonesia untuk bisa melihat langsung kekayaan bawah laut Indonesia. Dua diantara lokasi menyelam terbaik di Indonesia ada di Komodo, NTT dan di Raja Ampat, Papua.

Keunggulan ekosistem laut Indonesia ini harus kita jaga dan kelola sebaik-baiknya secara berkelanjutan. Karena laut adalah aset terbesar dan paling berharga yang dimiliki Indonesia. Karena itulah saya rasa kita semua perlu mengintegrasikan tenaga dan sumber daya lewat kolaborasi antar K/L terkait untuk mewujudkan keberlangsungan pelestarian keanekaragaman hayati laut Indonesia.

Saya mengajak Menteri KLHK Ibu Siti Nurbaya Bakar, dan secara khusus pula mengajak dua anggota tim baru saya yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pak Sandiaga Uno, dan Menteri KKP Pak Sakti Wahyu Trenggono untuk bekerja bersama-sama secara terintegrasi untuk mengelola kekayaan alam ini secara berkelanjutan dengan kesejahteraan penduduk pesisir sebagai fokusnya. Kita harus dukung mereka melindungi kekayaan alam di halaman depan mereka demi kesejahteraan masyarakat pesisir yang bersentuhan langsung dengan laut Indonesia.

Saya berharap kita bisa bersama-sama mengawal program seperti program Pemulihan Ekonomi Nasional Padat Karya Restorasi Terumbu Karang di Bali dan Program Rehabilitasi Mangrove 2021-2024 untuk memastikan implementasinya dilapangan secara transparan, akuntabel dan efektif demi terwujudnya konservasi dan rehabilitasi ekosistem laut Indonesia sehingga kelak anak cucu kita bisa menikmati lestarinya keanekaragaman hayati laut Nusantara yang kaya ini.

Photo Credit : Indonesia Diving

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel