Artikel

Menko Luhut Temui Huawei Bahas Kerja Sama Transformasi Digital Hingga EBT

Oleh 08 Des 2021Desember 13th, 2021Tidak ada komentar
Menko Luhut Temui Huawei Bahas Kerja Sama Transformasi Digital Hingga EBT
#LuhutPandjaitan #LBP

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Rotating Chairman Huawei, Guo Ping  di Dongguan pada Rabu, 8 Desember 2012. Keduanya membahas hubungan erat antara Indonesia dan Huawei di bidang transformasi digital serta sejumlah inisiatif dalam pengembangan digitalisasi, 5G, kecerdasan buatan (AI), dan energi baru terbarukan (EBT).

Menko Luhut mengapresiasi Huawei yang gencar membangun infrastruktur dan ekosistem digital di Indonesia selama lebih dari 21 tahun. Ia juga menyampaikan bahwa pemerintah tengah menyiapkan beberapa proyek strategis yang menyertakan pengembangan energi terbarukan dan pendayagunaan teknologi cerdas.

“Seiring bergeraknya Indonesia ke arah pembangunan berkelanjutan dan smart future, kami ingin mengundang Huawei sebagai pakar yang sangat menguasai di bidangnya, berpartisipasi dalam sektor-sektor tersebut,” ujar Menko Luhut, Rabu (8/12/2021).

Menko Luhut memaparkan bahwa Indonesia telah menargetkan untuk mengurangi emisi karbon pada tahun 2060 atau satu dekade lebih cepat dibandingkan estimasi sebelumnya. 

“Selain itu, Presiden Joko Widodo juga telah menetapkan digitalisasi sebagai prioritas utama pembangunan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan mempercepat perkembangan sektor industri berteknologi tinggi,” ujarnya.

Selain pertemuan tersebut, Menko Luhut juga mengunjungi kampus Huawei yang berada di Shenzhen dan Dongguan didampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi.

Rotating Chairman Huawei Guo Ping pun menyambut baik kunjungan Menko Luhut. Ia mengapresiasi inisiatif pemerintah Indonesia melalui besarnya dukungan yang diberikan kepada Huawei selama ini. 

Ia menyatakan perusahaan akan berfokus pada inovasi teknologi dan berusaha maksimal untuk mendukung Indonesia dalam membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang kokoh.

“Huawei akan berfokus pada inovasi teknologi dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendukung Indonesia dalam membangun infrastruktur TIK yang kokoh dan menyukseskan digitalisasi lewat penerapan teknologi digital mutakhir, seperti 5G, AI, Cloud dan IoT,” ujar Guo Ping.

Di samping itu Huawei juga akan berkontribusi untuk transformasi hijau dan pengembangan energi terbarukan melalui teknologi digital.

“Teknologi digital diperlukan untuk meningkatkan kecerdasan, sementara teknologi elektronika daya (power electronics) juga krusial untuk mengurangi jejak karbon,” ujarnya.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel