Artikel

Menko Luhut Saksikan Penandatanganan Kerja Sama Indonesia dengan Huawei

L
#LuhutPandjaitan #LBP

Indonesia menjalin kerja sama di bidang green development dan teknologi dengan perusahaan teknologi asal China, Huawei, sejalan dengan kesepakatan Belt Road Initiative and Global Maritime Fulcrum Framework (BRI-GMF) antara kedua negara.

Kesepakatan tersebut diteken dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tripartit antara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), PT Huawei Tech Investment, dan Institut Teknologi (IT) Del di Jakarta, Senin (27/9), disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

“Dengan dilakukannya kerja sama ini, diharapkan Indonesia bisa bergerak ke pembangunan hijau, menciptakan teknologi yang lebih ramah lingkungan, dan menciptakan Indonesia cerdas,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut juga mengapresiasi pendirian Huawei Academy di Indonesia. Menurunya, kerja sama antara Huawei, BSSN, dan IT Del menunjukkan komitmen Huawei untuk tidak hanya membangun infrastruktur digital di Indonesia, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia digital dan alih teknologi tinggi.

Setelah menghadiri penandatanganan MoU, Menko Luhut melakukan tur di kantor PT Huawei Tech Investment. Di lokasi tersebut, ia memaparkan tentang berbagai teknologi tingkat tinggi yang dimanfaatkan oleh Huawei, mulai dari sistem keamanan dan smart energy berbasis artificial intelligence, teknologi penyimpanan data yang efisien dan hemat listrik, transformasi digital menggunakan cloud untuk berbagai keperluan instansi, dan peluncuran produk untuk digunakan oleh masyarakat.

Dalam kunjungannya, Menko Luhut juga diperlihatkan fitur-fitur dan fasilitas yang ditawarkan PT Huawei Tech Investment untuk karyawannya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Presiden Huawei Wilayah Asia Pasifik Jeffrey Liu, Penasihat Khusus Menko Jona Widhagdo Putri, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Arsjad Rasjid serta Ketua Asosiasi Fintech Indonesia Pandu Sjahrir.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel