Artikel

Menko Luhut Dorong Pengembangan EBT di Indonesia

Oleh 22 Apr 2021Juni 24th, 2021Tidak ada komentar
Sumber : Dok Biro Komunikasi Kemenko Marves
#LuhutPandjaitan #LBP
Sumber : Dok Biro Komunikasi Kemenko Marves

Sumber : Dok Biro Komunikasi Kemenko Marves

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa saat ini pemerintah akan fokus mengembangkan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Ia mengungkapkan saat ini energi fosil, termasuk batu bara telah menjadi musuh bersama. 

“Indonesia punya potensi besar di bidang energi terbarukan karena sekarang ini kelihatannya fossil energy itu sudah menjadi musuh bersama. Secara bertahap pemerintah Indonesia juga akan mempensiunkan power plant batubara,” ujar Menko Luhut, Kamis (27/5/2021).

Ia juga menyebutkan bahwa saat ini tidak ada lembaga keuangan dunia yang mau mendanai pengembangan pembangkit fosil yang tidak ramah lingkungan. Penggunaannya dianggap terus memicu pemanasan global.

“Perbankan internasional pun tidak mau mendanai energi fosil,” ujarnya.

Menko Luhut mengungkapkan keinginan pemerintah untuk fokus terhadap pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Salah satunya ialah proyek kawasan industri hijau terintegrasi berbasis hydropower yang akan dibangun di Kalimantan Utara. Ia mengatakan bahwa kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan industri hijau terbesar di dunia. 

“Kita akan memiliki integrated industry berbasiskan hydropower di Kalimantan Utara. Ini adalah satu integrated industry yang mungkin paling besar di dunia. Luasannya ada 12.500 hektar. Kita berharap groundbreaking akan bisa dilakukan tahun ini, dan itu ada sekitar 11 ribu MW yang akan bisa digunakan,” ujarnya.

Menko Luhut pun menjelaskan bahwa pembangunan industri hijau sejalan dengan target pemerintah untuk bisa mencapai net zero emission (nol emisi karbon/bebas karbon) pada 2060.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel