Artikel

Luhut Targetkan Rehabilitasi 100.000 Hutan Mangrove hingga 2024

Oleh 10 Agu 2021Agustus 12th, 2021Tidak ada komentar
WhatsApp Image 2021 08 12 at 17.28.52
#LuhutPandjaitan #LBP

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menggencarkan agar rehabilitasi mangrove menjadi program tanggungjawab sosial dan lingkungan atau CSR.

Menurutnya, mangrove telah memberikan banyak manfaat yang banyak untuk masyarakat Indonesia. Selain itu, ia juga melihat potensi ekonomi yang begitu tinggi jika rehabilitasi mangrove dilakukan.

“Kami juga mengajak seluruh perusahaan lainnya yang tergabung dalam Kadin untuk mendukung program nasional ini dan mampu mencapai target minimal 100.000 Ha dari swasta untuk rehabilitasi sampai tahun 2024,” ujar Menko Luhut pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Untuk itu, Kemenko Marves bersama dengan Kementerian Lingkungan dan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pelindo I-IV, APHI, GAPKI, dan APROBI melaksanakan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) tentang kegiatan Rehabilitasi Mangrove.

MoU ini akan menjadi komitmen bersama antara Menko Marves bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan lembaga lainnya yang secara konkrit dan terpadu untuk percepatan rehabilitasi mangrove.

Menko Luhut juga menyampaikan apresiasinya kepada KLHK, KKP, BRGM, Kemendes PDTT, PT. Pelindo I-IV, APHI, GAPKI, dan APROBI atas kontribusinya dalam mendukung program ini.

Ia pun mengharapkan KLHK dapat menyediakan one map mangrove secepatnya sebagai acuan, KKP dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat pesisir, dan BRGM dapat membuat roadmap penanaman mangrove 2021-2024 termasuk menyediakan bibit serta memanfaatkan teknologi demi berlangsungnya rehabilitasi ini secara maksimal.

Momen ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi seluruh pihak demi meningkatnya kesejahteraan lingkungan dan meningkatnya taraf hidup dan perekonomian masyarakat melalui mangrove.

“Saya mengharapkan adanya sinergitas dan kolaborasi dalam pelaksanaan rehabilitasi mangrove ini,” ujar Menko Luhut.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel