Artikel

Luhut Resmikan Pengoperasian KA Bandara YIA

Oleh 30 Agu 2021Agustus 31st, 2021Tidak ada komentar
Moda Transportasi Yang Terintegrasi Kunci Membangun Negeri
#LuhutPandjaitan #LBP

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hadir langsung dalam soft launching Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) pada hari Jumat, 27 Agustus 2021. Ia menyebut bahwa KA Bandara YIA sengaja disiapkan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat, utamanya dalam kunjungan ke Yogyakarta.

“Kita semua tahu bahwa DIY merupakan kota pelajar dan tujuan destinasi pariwisata, sehingga kereta ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan dan mobilitas masyarakat,” ujar Menko Luhut, Jumat (27/8).

Menurut Menko Luhut, dengan adanya KA Bandara, kini waktu tempuh perjalanan dari kota Yogyakarta ke Bandara YIA dapat dipangkas menjadi 40 menit dalam satu kali perjalanan, sehingga jarak tempuh menjadi lebih efisien. 

“Kehadiran kereta api bandara juga dapat menjadikan YIA sebagai bandara yang mengakomodasi kebutuhan konektivitas tidak hanya di wilayah Yogyakarta, namun juga hingga ke wilayah Jawa Tengah,” terang Menko Luhut.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), pemerintah membangun kereta api bandara ini mulai dari studi kelayakan pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2021. 

Manfaat jangka panjang dari dibangunnya kereta api ini sangat besar, seperti peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kemudahan aksesibilitas bagi masyarakat yang cepat, murah, ramah lingkungan, dan efisien. 

Menko Luhut pun mengaku sangat mengapresiasi semua tim yang bekerja meskipun banyak tantangan dalam pembangunan KA Bandara YIA ini. 

“Saya titip juga agar diperhatikan operasional pemeliharaan dan berkomitmen untuk selalu meningkatkan keselamatan dan keamanan serta memberikan kenyamanan bagi pengguna,” ujarnya.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel