Artikel

Luhut Pastikan Tol Laut Banyak Manfaatnya

Dibaca: 8 Oleh 06 Mar 2020Tidak ada komentar
Luhut Pastikan Tol Laut Banyak Manfaatnya
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa program tol laut yang digagas Pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki manfaat yang sangat banyak. Hal itu ia sampaikan usai Rapat Terbatas (Ratas) “Akselerasi Program Tol Laut” di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/3/2020).

“Tadi sudah selesai Ratas mengenai tol laut.┬áTadi sudah selesai ratas mengenai tol laut. kita melakukan evaluasi tol laut mengenai manfaat tol laut dirasakan sangat banyak, trayeknya akan ditambah jadi 26,” terangnya.

Menko Luhut mengungkapkan, Pemerintah juga akan memberikan tax allowance dan tax holiday untuk mengakselerasi manfaat program Tol Laut. Pemberian tersebut akan dibangun khusus untuk industri-industri yang ada di Indonesia timur, untuk mengurangi biaya transportasi laut yang selama ini cukup tinggi.

“Presiden akan memberikan tax allowance dan tax holiday sehingga mengurangi pengiriman barang dari Indonesia barat,” ucapnya.

Selain itu, Menko Luhut mengatakan, Pemerintah akan memberikan insentif berupa subsidi di tahun 2020 senilai Rp400 miliar. Ia menerangkan, bahwa subsidi ini tidak hanya dari pelabuhan ke pelabuhan saja, tetapi sampai pada penerima. Kemudian, terkait agen distribusi logistik ke depannya tidak hanya mengandalkan satu perusahaan saja, tetapi ada dua atau tiga perusahaan sehingga tidak ada monopoli dari satu perusahaan.

Baca juga:  Semangat Melawan Corona

“Tahun ini subsidi yang dikeluarkan sekitar 400-an miliar. Subsidinya tidak hanya dari port ke port tapi sampai juga ke penerima. Yang keempat, nanti yang menjadi agen melakukan distribusi barang tidak hanya satu, tapi dua atau tiga sehingga tidak ada monopoli dari satu perusahaan,” ucapnya.

Kemudian, Menko Luhut juga berharap, akselerasi program tol laut ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di seluruh pelosok Indonesia. Diharapkan, masyarakat dapat mendapatkan barang kebutuhan pokoknya dengan harga murah, tidak jauh beda dengan harga-harga di kota-kota besar.

“Sehingga hal ini bisa membawa pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia agar terwujudlah pembangunan ekonomi yang berkeadilan sesuai prinsip dasar Indonesia maju,” pungkasnya.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel