Artikel

Kunjungan Kerja ke Kediri, Menko Luhut Apresiasi Progres Pembangunan Bandara Dhoho

Kunjungan Kerja ke Kediri, Menko Luhut Apresiasi Progres Pembangunan Bandara Dhoho
#LuhutPandjaitan #LBP

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau secara langsung proses pembangunan Bandara Dhoho yang terletak di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri pada hari Selasa, 30 November 2021. Dalam kesempatan tersebut, Menko Luhut menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan pembangunan bandara yang tergolong cepat.

“Kami tujuh bulan yang lalu datang ke sini dengan Pak Sofyan, progresnya baik sekali. Ini akan punya dampak (positif) di Selatan Jawa Timur,” terang Menko Luhut di Kediri, Selasa (30/11).

Menko Luhut mengatakan kehadiran bandara ini membuat masyarakat di wilayah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, dan sekitarnya tidak perlu lagi ke Surabaya untuk mengakses transportasi udara. Terlebih, dengan adanya dukungan infrastruktur jalan tol yang akan mempercepat konektivitas antar daerah. 

“Terima kasih kepada Gudang Garam, kami lihat investasinya tidak kecil, delapan sampai sembilan triliun,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut pun mengajak semua pihak mendukung pembangunan bandara dan tol ini demi meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Selatan Jawa Timur. Termasuk penyelesaian pembebasan lahan yang sampai saat ini masih tersisa 1,7 hektare. 

Meski begitu, ia berharap pembangunan Bandara Internasional Dhoho tidak terhambat. Pemerintah juga telah memberi kelonggaran kepada para pemilik lahan yang dibebaskan dengan nilai ganti untung yang besar. 

“Kita semua harus dukung. Polri dan TNI bantu pengamanan, termasuk pemda,” ujar Menko Luhut.

Turut hadir mendampingi Menko Luhut, yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, juga Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves Septian Hario Seto, Staf Khusus Menko Marves Lambock Nahattand, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kediri Andreas Rochyadi, dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Jonahar.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel