Gagasan

Kontribusi terhadap Negeri melalui Pendidikan

Oleh 31 Mei 2021Juli 5th, 2021Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#LuhutPandjaitan #LBP

Bagi kami orang Batak, kekayaan sebenarnya adalah anak. Mereka adalah generasi keluarga, juga penerus Bangsa. Maka dari itu mereka harus dibesarkan, disekolahkan, dididik secara ilmu dan karakter. Dan supaya anak tidak pintar semata, tapi juga berkarakter, maka orang tua harus bisa menjadi contoh. Karena anak yang pintar dan berkarakter itu sendiri adalah warisan terbaik bagi kami para orang tua. Barangkali itulah yang menjadi “falsafah awal” saya dan keluarga mendirikan Yayasan Del di tahun 2001 silam.

Setelah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura, saya berkeinginan untuk membuka sekolah yang tidak hanya berfokus pada pendidikan formal, tetapi juga pendidikan karakter. Namun cita-cita itu tidak semudah yang saya bayangkan, karena setelah saya amati dan pelajari tata birokrasi di Indonesia bahwa sebelum sebuah politeknik dibangun, peraturan mewajibkan saya untuk membentuk sebuah Yayasan terlebih dahulu. Lalu lahirlah yayasan Del yang saat ini sudah menaungi enam afiliasi di ulang tahunnya ke-20 tepat pada tahun ini. Saya merasa bangga sekali hari ini hadir dalam rangkaian acara perayaan menuju ulang tahun Yayasan Del yang ke 20 tahun pada bulan Oktober nanti.

Ketika Yayasan ini dibentuk, saya banyak mendengar orang masih suka bertanya apa arti nama dari Del itu? Singkat ceritanya kala itu saya meminta anak-anak saya untuk mencari nama dan menjabarkan setiap artinya kepada saya. Nama “Del” kami pilih karena arti nama ini dalam bahasa lain yang artinya “Selangkah di depan.” Saya dan istri memang sengaja melibatkan seluruh anggota kami dalam mengelola yayasan, karena saya ingin meninggalkan warisan tradisi bila kami sudah berpulang nanti. Di samping, mengembangkan yayasan tak bisa sendiri, harus bekerja sama dengan tim yang punya passion yang sama agar maju. Karenanya istri saya berkata bahwa meskipun anak kami empat, kami selalu bilang anak kami itu ada lima, yang ke-5 itu adalah Del.

Jika saya diminta untuk menyebutkan apa saja torehan prestasi dan pencapaian yang telah dibuat, rasanya terlalu panjang untuk dijabarkan. Maka dari itu sebagai wujud syukur kami kepada Tuhan YME yang telah memberikan kita banyak sekali berkah, saya ingin menghaturkan ucapan terima kasih atas kontribusi positif yang telah diberikan oleh seluruh civitas akademika, staf, pengurus yayasan, anak didik dan pihak-pihak lain yang bagi saya tanpa dedikasi dan perjuangan mereka, Yayasan Del tidak akan sampai di titik ini dimana lembaga dan afiliasi Yayasan ini telah mampu memberikan banyak kontribusi bukan hanya bagi daerah kami sekitar namun juga berhasil mewujudkan mimpi-mimpi para anak, orang tua hingga masyarakat banyak yang telah terbantu oleh program Yayasan Del.

Saya berharap di momen hari jadi ke-20 tahun ini, Yayasan Del mampu menginspirasi lebih banyak individu dan memberikan kontribusi nyata berupa akses pendidikan yang merata hingga ke seluruh pelosok negeri. Biarlah warisan kecil kami ini menjadi budaya yang kelak akan besar nilainya bagi bangsa ini yaitu kesadaran akan pentingnya akses pendidikan yang merata untuk kemajuan Indonesia.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel