Gagasan

Indonesia dan Tren Produk Ramah Lingkungan

Dibaca: 5 Oleh 02 Des 2019Maret 2nd, 2020Tidak ada komentar
Indonesia dan Tren Produk Ramah Lingkungan
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Melihat tren global yang saat ini makin mengarah pada produk ramah lingkungan, saya melihat peluang yang perlu segera diantisipasi sekaligus dimanfaatkan oleh industri di Indonesia. Salah satu upaya yang sedang kita lakukan adalah mengadakan transportasi ramah lingkungan yang efisien dan hemat biaya. Dan kita sudah menetapkan target lebih banyak dari saat ini.

Berangkat dari keinginan tersebut, saya menyampaikan undangan kepada Vice President Market Development BMW di Munchen Jerman untuk mempertimbangkan membuka fasilitas pembuatan mobil listrik di Indonesia. Saya ingin di Indonesia ada keragaman produsen, sehingga tidak ada monopoli satu merk saja. Indonesia akan terbuka bagi negara manapun yang ingin berinvestasi di sini, untuk itu kebijakan yang kami buat tidak akan pernah memihak kepada orang ataupun negara tertentu.

Saya selalu tegaskan bahwa kebijakan larangan ekspor bijih nikel TIDAK menguntungkan salah satu negara manapun kecuali Indonesia. Larangan ekspor ini akan berlaku ke semua negara tanpa terkecuali. Dan hilirisasi nikel dapat menjadi langkah awal bagi Indonesia untuk menjadi pemain kunci industri nikel berkelas dunia. Dengan membangun smelter di dalam negeri, saya yakin Indonesia bisa jadi pemain kelas dunia karena ikut berperan dalam menentukan harga nikel dunia.

Baca juga:  Teknologi Nomor Satu Ramah Lingkungan

Larangan ekspor bijih nikel ini akan memberi nilai tambah bagi Indonesia, karena nantinya nikel tersebut tidak lagi diekspor sebagai bahan mentah. Dengan membangun smelter sendiri di dalam negeri, Saya yakin kita akan punya peran untuk menentukan harga sehingga tidak bisa diatur-atur oleh negara yang punya smelter. Kita berdaulat atas kekayaan alam kita sendiri.

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel