Gagasan

Indonesia sebagai “Surga-nya Investasi”

By 21 Feb 2020Maret 4th, 2020Tidak ada komentar
Indonesia sebagai “Surga-nya Investasi”
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Sebagai pemangku kebijakan, saya selalu menanamkan dalam pikiran saya optimisme dan hal-hal positif agar semua kebijakan dan program yang saya buat, bisa berdampak baik dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Pun ketika melihat ketidakpastian global seperti saat ini, belum lagi wabah virus corona yang menjangkiti beberapa negara, pastilah membawa dampak tersendiri bagi perekonomian Indonesia secara khusus.

Hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara tetangga kita dan juga negara-negara maju seperti Korea Selatan yang mengumumkan kondisi darurat ekonomi karena wabah virus corona. Mengahadapi permasalahan ini, alangkah baiknya kita tidak pesimis dan panik, karena pemerintah Indonesia sudah menyiapkan kebijakan-kebijakan untuk meminimalisasi dampak dari wabah virus corona.

Pikiran positif dan optimisme inilah yang kemudian saya sampaikan kepada jajaran kementerian Kabinet Indonesia Maju, para kepala daerah di seluruh Indonesia, Sekretaris daerah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal RI hari Kamis lalu.

Baca juga:  Indonesia Negara yang Hebat dan Kuat

Saya paparkan 4 fokus area Investasi yang saya dan jajaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi rumuskan sebagai upaya untuk mendorong masuknya investasi ke Indonesia. Ke-empat fokus ini adalah hilirisasi mineral, pengembangan baterai lithium, transportasi, dan energi baru terbarukan. Ke-empat fokus area investasi ini memang dibuat untuk menempatkan Indonesia di jalan menuju masa depan yang berkelanjutan, sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yaitu untuk memacu pertumbuhan ekonomi yang berbasis secara sosial dan ramah lingkungan.

Kiranya perlu semua tahu bahwa secara umum kita sudah mempermudah proses perizinan investasi lewat “Online Single Submission”, dimana investor langsung diarahkan kepada OSS secara satu pintu, tidak harus ke masing-masing kementerian atau lembaga terkait satu per satu. Namun pada praktiknya, memang masih ada potensi masalah yang membutuhkan koordinasi lebih lanjut seperti izin lokasi, izin lingkungan dan masalah pembiayaan insentif, tarif, dan lainnya.

Untuk itulah saya berharap lewat rakornas investasi ini, semua pemangku kebijakan baik yang ada di level nasional maupun di daerah untuk berkonsolidasi dan bersinergi demi menciptakan iklim investasi yang baik di negeri ini. Karena saya percaya, jika ada komunikasi baik yang dibangun, kekompakan “teamwork” maka permasalahan serumit apapun akan mudah diselesaikan.

Baca juga:  Dibalik Sejarah Besar bagi Indonesia dan Negara Timur Tengah

Semoga dengan terlaksananya rakornas investasi ini mampu menjadikan Indonesia sebagai “surga-nya investasi” sampai-sampai para Investor merasa bahwa mereka lebih nyaman menanamkan modal-nya di negeri kita, sehingga hal ini kemudian berdampak pada peningkatan serapan lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel