Skip to main content
Gagasan

Indonesia Negara yang Hebat dan Kuat

Dibaca: 14 Oleh 28 Jan 2020Maret 2nd, 2020Tidak ada komentar
Indonesia Negara yang Hebat dan Kuat
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Saat ini, kemana pun saya datang ke forum-forum internasional, saya lihat banyak mata dan harapan tertuju ke Indonesia. Hal ini pula yang saya alami selama 5 hari mengikuti ajang “World Economic Forum” di Davos, Swiss. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia menjadi “primadona” di pertemuan tingkat tinggi kelas dunia tahun ini yang diikuti oleh banyak pemimpin negara, pakar ekonomi, ilmuwan, dan para investor. Sampai-sampai saya kaget banyak sekali daftar pertemuan yang diberikan oleh staff saya ini di-request oleh banyak negara, baik negara maju maupun negara berkembang.

Saya kira ada beberapa hal yang membuat Indonesia begitu jadi pusat perhatian di forum ekonomi dunia ini, salah satunya adalah ketegasan kita dalam melindungi kekayaan alam kita yang begitu melimpah ini. Saya sampaikan kepada mereka bahwa dampak perubahan iklim kepada bumi ini lah yang menjadi pertimbangan kami dalam membuat kebijakan. Kami ingin Indonesia bisa jadi pemain kunci pada produksi energi terbarukan.

Baca juga:  Menyongsong Ibu Kota Baru

Di depan para delegasi, saya sampaikan bahwa eksplorasi sumber daya alam adalah hak setiap bangsa, seperti hal nya kemerdekaan sebuah bangsa. Bahwa permasalahan negara-negara besar yang sedang berkonflik akhir-akhir ini, mereka yang berkonflik itu adalah negara yang memiliki energi nuklir. Saya sampaikan kepada mereka bahwa dengan GDP senilai US$ 1 Triliun, Indonesia mampu menciptakan energi nuklir. Namun itu bukan prioritas kami sebagai bangsa Indonesia. Kami tidak ingin menjadi korban dari perkelahian negara-negara maju tersebut. Kami hanya ingin memperoleh manfaat dari pengelolaan sumber daya alam kami secara mandiri. Bukankah itu hak semua bangsa yang berdaulat ?

Bagi saya, keramahan dan ketegasan itu bisa saling beriringan. Indonesia adalah negara yang ramah kepada siapapun yang ingin berkontribusi lewat investasi untuk pembangunan negeri kita, tetapi kita juga bisa tegas ketika ada yang ingin mengatur nasib dan masa depan kita khususnya masa depan pengembangan energi yang sedang kita upayakan terus menerus.

Perlu kiranya semua tahu bahwa Luas danau yang dipunyai Indonesia kira-kira sekitar puluhan ribu hektar ini bisa kita manfaatkan untuk teknologi floating panel yang bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan mega watt potensi energi listrik, apalagi kita sudah berpengalaman mengenai “floating energy” di Danau Cirata yang potensi energi listriknya mencapai 145 Megawatt. Lalu ada Danau Toba yang kira-kira juga punya potensi energi listrik sebesar 150 megawatt. Listrik sebesar ini bisa cukup untuk menyinari seluruh kabupaten yang ada di Danau Toba. Belum lagi potensi hutan kita yang juga jadi “carbon credit” kedua terbesar setelah Hutan Amazon. Perlu semua tahu bahwa 75%-80% potensi kredit karbon global itu ada di Indonesia. Pantas kiranya saya menyebut bahwa Indonesia adalah negara “Super Power of Global Carbon Credit” karena kita berkontribusi pada kredit karbon negara-negara eropa dan negara maju lainnya.

Baca juga:  Mewujudkan Mimpi Beroperasinya Bandara Dhoho Kediri

Semangat keramahan dan ketegasan inilah yang selalu ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo di setiap pertemuan internasional yang beliau hadiri membuat Indonesia dipandang sebagai negara yang hebat dan kuat. Semangat ini pula yang menular kepada saya ketika saya ceritakan bagaimana Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang transparan dan penuh dengan contoh baik hingga menjadikan Indonesia disegani sekaligus “ditaksir” oleh negara-negara lain. Dan semangat inilah yang akhirnya membuat penyelenggara forum ekonomi dunia ini mempercayai Indonesia untuk menyelenggarakan “Indo Pacific World Economic Forum” di bulan Juli tahun ini. Semoga semangat ini juga bisa menular kepada seluruh rakyat Indonesia lewat rasa bangga dan percaya yang lebih besar akan kemajuan negeri yang kita cintai bersama ini.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP