Gagasan

Harapan Indonesia Emas 2045 Dari Angkatan ’70

Oleh 12 Des 2020Maret 8th, 2021Tidak ada komentar
Harapan Indonesia Emas 2045 Dari Angkatan ’70
#LuhutPandjaitan #LBP

Hari ini, adalah hari yang paling membahagiakan untuk saya karena saya bisa bertemu lagi dengan kawan-kawan prajurit untuk merayakan Ulang Tahun Emas Akabri Pertama’70. Ulang tahun yang awalnya direncanakan akan digelar cukup besar dan meriah terpaksa diadakan dengan jumlah yang lebih sedikit karena pandemi Covid-19 ini. Rasa bahagia ini juga membuat saya terharu karena nostalgia membawa saya kepada ingatan di tahun 1967 ketika pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke Akabri hingga lulus di tahun 1970. Ya. Saya mengikuti jalan impian saya sendiri dengan menjadi seorang prajurit, alih-alih mengikuti keinginan Ayah untuk melanjutkan pendidikan ke ITB.

Saya selalu punya kenangan tersendiri ketika berkunjung kesini tepatnya di paviliun 5A, barak pertama tempat saya tinggal. Saya ingat betul dahulu saya adalah bagian dari klub merpati putih dan atlet judo dari akademi ini. Setiap lawan saya hadapi dengan spirit dan keyakinan bahwa saya harus menang, dari spirit ini saya sempurnakan dengan ajaran di militer untuk bagaimana fokus menyelesaikan tugas pokok dengan baik dalam tim. Inilah hal yang selalu saya jaga dalam hidup saya hingga hari ini.

Setelah memutuskan untuk mengikuti jalan impian sendiri, banyak perubahan-perubahan terjadi dalam perjalanan hidup saya. Saking banyaknya perubahan dalam hidup, saya masih ingat betul hal-hal mengejutkan dan menarik yang terjadi dalam hidup, bahkan setelah 50 tahun saya lulus dari Lembah Tidar. Banyak pertanyaan yang muncul terkait peran kami, sebagai mantan prajurit militer ketika memasuki usia 70 lebih seperti saat ini.

Saya mengapresiasi penuh segala langkah yang telah panitia yang tempuh demi mensukseskan acara pada hari ini, yang dimulai dengan ziarah ke Makam Panglima Besar Sudirman, Penyerahan Simbolis Renovasi Museum, Perpustakaan dan Masjid hingga permintaan saya untuk perbaikan beberapa fasilitas akmil guna menunjang para taruna. Yang tidak kalah penting hari ini juga adalah peluncuran Buku Alumni yang bertema besar soal kontribusi Angkatan 70 menuju tahun Indonesia Emas di 2045 nanti dimana saya sendiri yang akan menulisnya. Saya juga meminta kepada Gubernur Akmil untuk secara khusus mengirimkan nama-nama taruna terbaik yang nilai matematika nya tinggi untuk kemudian saya carikan beasiswa agar mereka bisa bersekolah di luar negeri.

Di akhir, saya ingin menitipkan pesan kepada para taruna yang masih menempuh pendidikan prajurit, Mari kita tetap memegang teguh sumpah kita di Lembah Tidar. Kita pertahankan NKRI dengan Pancasila dan UUD 1945. Jangan pernah kita lari dari situ. Mari kita pegang Sumpah Prajurit, Sapta Marga sebagai pegangan kita dalam banyak hal. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tapi yang pasti, masa depan kemajuan bangsa ini tidak bisa kita bangun hanya dengan impian saja, butuh tekad dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel