Gagasan

Dari Tanah Toba untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia

Peluang Besar Indonesia dari Tanah Toba Samosir
#LuhutPandjaitan #LBP

Satu hal yang selalu saya syukuri dalam hidup saya adalah masih diberi kesempatan oleh Tuhan YME untuk menyaksikan banyak hal yang dahulu hanya masih jadi impian dalam benak saya, saat ini perlahan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah pencapaian luar biasa yang ditorehkan oleh SMA Unggul DEL sebagai Top 10 SMA dengan rata-rata Tes Potensi Skolastik (TPS) dalam UTBK 2020. Jika dibandingkan dengan seluruh SMA di Indonesia, SMA Unggul DEL ada di peringkat ketiga.

Perlu diketahui bahwa SMA Unggul Del memenuhi kriteria sebagai SMA dengan jumlah minimal siswa mengikuti UTBK tahun 2020, rata-rata nilai TPS dihitung berdasarkan rata-rata dari nilai 4 sub tes yang hasilnya bisa menunjukkan dimana “passion” para peserta didik, sehingga pilihan akan mengarah pada prodi-prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

Sebuah pencapaian yang hebat karena sebagai SMA Unggulan di luar Jawa, kita bisa mengalahkan banyak SMA Unggulan di Pulau Jawa. Karena kita semua tahu bahwa tidak banyak sekolah menengah unggulan yang ada di luar Pulau Jawa. Saya senang dan bangga pada pencapaian mereka karena saya tahu tidak mudah bagi mereka menyesuaikan diri dengan beratnya budaya belajar berasrama di SMA Unggul DEL. Terlebih banyak diantara mereka yang datang dari keluarga kurang mampu dan berasal dari kampung di sekitar Tanah Toba Samosir. Dan bukan hanya itu mereka para peserta didik ini juga berasal dari berbagai macam latar belakang agama, suku bahkan ekonomi yang tak pernah mereka risaukan selama mengenyam pendidikan. Inilah impian saya dan istri sejak dulu, menyediakan wadah peluang bagi talenta-talenta hebat Indonesia dari pedalaman Sumatera Utara yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk mewujudkan impiannya, menikmati akses pendidikan yang berkualitas. Sesuai dengan niat awal saya dan istri mendirikan SMA Unggul DEL 9 tahun yang lalu, membantu akses pemerataan pendidikan sampai ke penjuru Indonesia.

Saya ingin menitipkan pesan kepada seluruh generasi muda Indonesia, bahwa kalian harus berani bermimpi untuk membuat sesuatu yang hebat. Jangan pernah puas dengan apa yang kalian punyai sekarang, dan jangan pernah berkecil hati jika kalian datang dari keluarga yang kurang mampu, selama kita mau berusaha keras dan punya tekad untuk maju.

Saya melihat masa depan yang luar biasa dari Indonesia. Ada peluang yang sangat besar untuk mewujudkan impian dan cita-cita generasi penerus bangsa ini, tak peduli dari manapun kalian berasal. Jika kalian rajin belajar, disiplin, bekerja dengan keras dengan didasarkan pada doa dan hati yang baik, maka mimpi kalian akan tercapai. Prestasi anak-anak SMA Unggul Del sebagai salah satu bagian dari keluarga besar Yayasan Del yang akan berulang tahun ke-20 tahun di 2021 nanti, yang dibangun di sebuah kampung di pinggir Danau Toba, adalah buktinya.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel