Gagasan

Bangsa Indonesia Harus Jadi Tuan di Negerinya Sendiri

By 10 Des 2019Februari 27th, 2020Tidak ada komentar
Bangsa Indonesia Harus Jadi Tuan di Negerinya Sendiri.
#LuhutPandjaitan #LBP

LBP – Sebagai pemangku kebijakan, saya punya prinsip bahwa apapun kebijakan dan program yang saya buat untuk negeri ini, haruslah bermanfaat bagi generasi mendatang yaitu anak-cucu kita. Saya teringat pembicaraan santai saya bersama cucu saya yang saat ini sudah memasuki dunia perkuliahan, dia mengatakan kepada saya “Opung, jangan sampai buat kebijakan yang merusak lingkungan.” Hal ini terus terang saja¬†menjadi “reminder” buat saya untuk setiap kebijakan dan program yang saya buat.

Mungkin kita juga perlu tahu bahwa saat ini Indonesia sedang mengirimkan 22 orang anak muda dari berbagai universitas untuk belajar ke Tiongkok mengenai ekstraksi cobalt , hal itu senada dengan aturan dasar investasi yang saya harapkan yakni transfer teknologi dan hilirisasi. Saya berpikir bahwa bukan hanya investasi yang mereka bawa tapi juga perbaikan SDM bagi negara ini.

Dalam kunjungan saya ke beberapa negara maju seperti Jepang dan Jerman, saya menemukan fakta bahwa selama 15-20 tahun ke depan belum ada yang bisa menggantikan teknologi Lithium Battery sebagai teknologi ramah lingkungan. Untuk itu di tahun 2045 nanti, Eropa tidak memperbolehkan lagi ada mobil berbahan bakar energi fosil. Dengan segala yang kita lakukan saat ini, kita bisa lihat bahwa betapa strategisnya yang dilakukan Presiden Joko Widodo ke depan. Dan dengan perasaan yang bangga dan penuh cinta, saya sampaikan kepada kalian semua bahwa Negeri ini adalah negeri yang hebat.

Baca juga:  Indonesia Mandiri dan Tidak Bergantung pada Negara Asing

Untuk itu kita harus punya perasaan bangga kepada negeri yang kita cintai bersama ini. Saya selalu berpikir bahwa negeri ini sakti tapi banyak orang tidak menyadari kehebatannya. Untuk itu saya selalu tegaskan kepada negara-negara calon investor bahwa jangan pernah dikte kita soal masa depan, meskipun kita masih negara berkembang, kita kaya dan punya posisi tawar di setiap perundingan dan kerjasama internasional. Kita sudah berada di jalur yang tepat, dan Bangsa Indonesia harus jadi tuan di negerinya sendiri.

Terkait

Author Tim Media LBP

More posts by Tim Media LBP
Made with passion by Vicky Ezra Imanuel